Selasa, 09 Oktober 2012

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORGANISASI


1.      FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORGANISASI

Contoh factor yang mempengaruhi organisasi sekolah :
Pentingnya Organisasi Sekolah
Organisasi adalah aktifitas dalam membagi-bagi, menggolong-golongkan pekerjaan, memberi wewenang, menetapkan saluran pemerintahan dan tanggung jawab kepada para pelaksana. Pada umumnya dapat diartikan member struktur atau susunan yankni dalam penyusunan/penempatan orang-orang dalam suatu kelompok kerjasama, dengan maksud menempatkan hubungan antara orang-orang dengan kewajiban-kewajiban, hak-hak dan tanggung jawab itu dimaksudkan agar tersusun suatu pola kegiatan untuk mencapai kearah tercapainya tujuan bersama.
Organisasi sekolah yang baik menghendaki agr tugas-tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan penyelenggaraan sekolah unutk mencapai tujuannya dibagi secara merata dengan baik sesuai dengan kemampuan, fungsi, dan wewenang yang telah ditentukan. Dengan oraganisasi yang baik dapat dihindari tindakan kepala sekolah yang akan menunjukan kekuasaan yang berebihan (otoriter); Susana kerja dapat lebih berjiwa demokratis karena timbulnya partisipasi aktif adari semua pihak yang bertanggung jawab. Partisipasi aktif yang mendidik (pedagogis) dapat digiatkan melalui kegairahan murid sendiri yang bergerak dengan wadah OSIS
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam Menyusun Organisasi Sekolah
Sebenarnya pedoman untuk menyusun organisasi sekolah yang baik tidak mudah ditentukan. Perbedaan sekolah yang lainnya adalah salah bastu penyebab kesulitan itu. Tetaoi sangat mungkin apabila sekilah yang sejenis mempunyai organisasi yang sama atau seragam dalam hal struktur atau susunannya.
Dibawah ini kami kemukakan beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan susunan yang mempengaruhi perbedaan susunan organisasi sekolah:
1.    Tingkat Sekolah
2.    Jenis Sekolah
3.    Besar kecilnya sekolah
4.    Letak dan lingkungan sekolah.
Contoh Susunan Organisasi Sekolah
Susunan organisasi sekolah kami ambilkan beberapa jenis dan tingkatan sekolah, meliputi
1.    Susunan organisasi sebuah SD.
2.    Susunan organisasi sebuah SMP.
3.    Susunan organisasi sebuah SMA.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar